Turotial - Info - Aplikasi dan Game Pilihan

Arti dan Tujuan Root Android

Kenapa sih kita harus pusing-pusing memikirkan men-root perangkat Android kita?

Me-root smarthone android adalah cara untuk masuk ke sistem dan mendapatkan akses penuh di smartphone android kita. Me-root smartphone android dapat dilakukan dengam bantuan PC, cara recovery, ataupun dengan aplikasi android.

Kata root diambil dari bahasa inggris yang berarti akar (masa sih :v). Dengan melakukan root di smartphone android kita bisa mendapatkan hak akses penuh pada sistemnya.

Sedangkan proses Unroot berarti menghilangkan root pada smartphone kita (mengembalikan seperti semula). Orang biasanya melakukan unroot karena alasan seperti efek negatif setelah rooting di smartphone android mereka seperti aplikasi yang sering menutup sendiri (force close), beberapa bug, DLL.

Dulu melakukan root dianggap perbuatan illegal. Namun kini siapapun boleh melakukan root di smartphone android mereka. Walaupun terdapat banyak manfaat dalam me-root android kita, namun sebaiknya kita pikir-pikir dahulu sebelum melakukannya, apalagi jika kita masih merasa belum bosan dengan smartphone android kita dankita belum terlalu mahir menggunakannya, karena melakukan root dapar menghilangkan garansi pada smartphone kita.

rooted android

Manfaat setelah melakukan root di smartphone android

Contoh beberapa hal yang ane dapat dari me-root smartphone Android ane:
  • Samsung Galaxy V (Kitkat 4.4.2) ane tidak bisa menulis di external Sd Card (di aplikasi yang didownload). Tapi setelah di root, kita menjadi bisa menulis di kartu memori (external sd card)melalui aplikasi yang di download tergantung perijinan aplikasinya. Ini artinya kita bisa mengekstrak file, mendownload file dan membuat file & folder langsung ke dan dari kartu memori/external sd card.
  • Dengan root kita bisa menghapus aplikasi bawaan yang ada pada saat smartphone android dibeli
  • Memindahkan aplikasi-aplikasi di penyimpanan telepon (internal storage) ke external sd card sehingga bisa menambah ruang peyimpanan yang berguna untuk menginstall aplikasi-aplikasi lain
  • Merubah tema bawaan smartphone dengan menginstall custom rom ataupun system user interface
  • Meningkatkan performa dan nilai penggunaan smartphone, karena beberapa aplikasi yang keren hanya bisa diinstall setelah smartphone android di root.

Banyak yang kita dapat setelah melakukan root. Melakukan root di smartphone android kita aman dilakukan (sudah ane buktiin sendiri dengan melakukan root dan unroot berulang-ulang) asalkan dilakukan sesuai petunjuk dan prosesnya. Namun kita juga menjadi harus lebih berhati-hati karena setelah di root, sistem smartphone android akan menjadi lebih "bebas".


Back to posts
This post has no comments - be the first one!


Old school Easter eggs.