XtGem Forum catalog
Turotial - Info - Aplikasi dan Game Pilihan

Cara Menghapus Aplikasi Sistem Android menggunakan Link2SD APK

Mau lebih melegakan penyimpanan internal atau lebih melegakan RAM Android-mu? Hapus aplikas sistem yang tidak penting...

Tidak semua Bloatware atau aplikasi sistem (aplikasi bawaan pabrik) bisa atau aman dihapus (uninstall) di smartphone android kita. Jika kita menghapus aplikasi yang salah, bisa berakibat fatal jadinya.

Karena itu, jika kita ragu-ragu untuk menghapus sebuah aplikasi sistem, sebaiknya urungkan saja niat untuk menghapus aplikasi bawaan tersebut. Apalah artinya ruang kosong 1-2 MB dibandingkan dengan kesehatan smartphone android kita (buang-buang duit kaya orang kaya wae wkwkwk :D)

Menghapus aplikasi bawaan atau sistem di smartphone android memiliki beberapa manfaat yaitu menambah ruang kosong di kapasitas penyimpanan telepon (internal) sehingga kita bisa menginstall aplikasi lebih banyak (beberapa aplikasi hanya berjalan baik hanya jika disimpan di penyimpanan internal), melegakkan ram (mempercepat kinerja), DLL.

Sebenarnya untuk menentukkan suatu aplikasi bawaan aman atau tidak di uninstall adalah dengan melakukan 2 tes aplikasi tersebut di smartphone android kita :
1. Aplikasi tersebut bisa di nonaktifkan (dibekukan) melalui manager aplikasi di pengaturan smartphone,
2. Aplikasi tersebut tersedia di google play store (bisa di download dan bisa diperbarui versinya).

Berikut adalah aplikasi-aplikasi sistem atau bawaan yang aman dihapus di smartphone android kita (tes di samsung galaxy v SM-G313HZ):

  1. Chat On
  2. Chrome / Google chrome
  3. Drive / Google drive
  4. Gmail
  5. Google penelusuran
  6. Google play film
  7. Google play game
  8. Google play kios / magazine
  9. Google+
  10. Foto / Google foto (picasa)
  11. Line
  12. Maps / Google maps
  13. Mesin Google text-to-speech
  14. Youtube
  15. Hangouts

Untuk menghapus (uninstall) aplikasi bawaan atau sistem pada smartphone android kita, bisa menggunakan bantuan aplikasi Link2SD v 4.0.12.apk. Karena sewaktu menghapus aplikasi-aplikasi sistem tersebut ane sukses menggunakan aplikasi itu.

Cara menghapus aplikasi bawaan atau sistem di Android dengan aolikasi Link2sd (test di samsung galaxy v sm-g313hz

Syarat:
- Smartphone android sudah dalam keadaan root.

  1. Masuk ke menu pengaturan > manajer aplikasi > semua aplikasi, lalu nonaktifkan/bekukan dahulu semua aplikasi sistem yang akan dihapus.
  2. Download dan install Link2SD v 4.0.12.apk
  3. Buka app lalu klik menu di atas, filter ke "dibekukan"

  4. Nah tinggal klik dan tahan sesaat pada nama aplikasinya, lalu pilih "hapus". Hapus semua aplikasi sistem / bawaan pabrik yang menurut ente tidak diperlukan

  5. Restart / reboot smartphone

-> LINK2SD v 4.0.12.apk

Back to posts
This post has no comments - be the first one!