Turotial - Info - Aplikasi dan Game Pilihan

XInternalSD APK Unduh Aplikasi Android - Pindahkan Data Game dan Aplikasi ke SD Card Eksternal

Penyimpanan Android-mu penuh oleh aplikasi dan game yang ukurannya gede-gede? Coba nih XInternalSD, Module Xposed yang bisa mengalihkan penyimpanan data game dan aplikasi ke kartu sd card-mu

Pasti kita pernah ngalamin yang namanya kekurangan peyimpanan internal smartphone padahal kita ingin install game hd yang ukuran filenya besar dan tidak dapat ditampung penyimpanan internal dan biasanya file obb tersebut berukuran > 1GB?

Nah dengan xinternalsd.apk ini kita bisa meletakkan file obb aplikasi atau game tersebut di direktori: storage/extsdcard/Android/obb

Xinternal sd ini berfungsi menghubungkan data dan obb aplikasi yang diinstall di internal sdcard dengan external sdcard. Jadi, tidak hanya direktori Android/data & Android/obb saja yang akan dialihkan, tetapi semua data yang aplikasi coba tulis di penyimpanan internal secara otomatis akan berpindah ke memori eksternal.

Sebelum menginstall xinternalsd, pastikan smartphone android sudah di root, dan sudah terinstall Xposed Installer. Karena xinternalsd ini merupakan module dari xposed installer yang dikembangkan oleh developer di xda-developer.


Langkah memindahkan (meletakkan) Folder obb dan data game atau aplikasi ke penyimpanan eksternal

  1. Install xinternalsd.apk
  2. Lalu buka xposed installer, klik "module", lalu cari xinternalsd dan ceklist, reboot smartphone android.
  3. Install apk game atau aplikasi (jangan dibuka dahulu). Contohnya ada game yang memiliki folder obb: Letakkan folder obbnya di direktori: storage/extsdcard/Android/obb. Catatan: Folder obb adalah folder yang berisi file .obb (masa sih :v)
  4. Buka xinternal sd, tunggu loading, klik "enable for apps" lalu cari aplikasi atau game yang ingin dihubungkan / dipindahkan obb dan datanya, ceklist, selesai. Atau kita bisa ceklist "enable for all apps" untuk membolehkan ke semua aplikasi.
  5. Jalankan dan mainkan game! [Test di Samsung Galaxy V SM-G313HZ Kitkat 4.4.2]
  6. Jika tidak berfungsi (app atau game masih meminta download data) atau game berjalan tidak semestinya, coba restart smartphone dahulu lalu coba lagi.
    Catatan: Karena metode save dan penyimpanan data & game yg berbeda-beda, menurut pengalaman ane ada :v sekitar 80% game / aplikasi yang work menggunakan module xinternalsd ini.

Note: Jika aplikasi dan game memang tidak mendukung xinternal sd ini (tidak work), ente harus menonaktifkannya di xinternal sd jika tidak game atau aplikasinya tidak akan jalan walaupun datanya sudah dipindahkan ke penyimpanan internal.

Special Thanks:
- Developer of xposed installer dan xinternal sd (More info, please visit forums.xda-developers.com)
- [Facebook] Syamsul Ramdan Firdaus

-> Cara Root Android dengan aplikasi 360 Super Root
-> Cara Install dan Pasang Xposed Installer

Tautan unduh aplikasi Android XinternalSD APK

-> XINTERNALSD v. 3.8.apk

Versi lama:

Back to posts
This post has no comments - be the first one!


Teya Salat